oleh

Abdul Hayat Terima Kunjungan Pemenang Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Sulsel

INFOTERKINI.COM,MAKASSAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, menerima kunjungan pemenang Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan), Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik, Lomba Pustakawan Berprestasi, dan Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Sulsel, di Kantor Gubernur, Jumat (9/8). Para pemenang lomba tersebut akan mewakili Sulsel di ajang yang sama di tingkat nasional.Dalam pertemuan tersebut, Abdul Hayat menyampaikan, ketangguhan suatu daerah akan dijawab oleh Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Salah satu variable penentunya, adalah bagaimana motivasi, semangat membaca referensi.

“Yang membuat knowledge kita lebih berkembang, ketika banyak respon yang masuk dan itu diolah dengan baik, melahirkan suatu paradigma berfikir yang cerdas,” kata Abdul Hayat.

Ia menambahkan, kecerdasan itu tidak muncul secara alami, tidak dibawa sejak lahir, tanpa dibentuk oleh lingkungan.

“Anak-anak dibentuk, tentu negara harus hadir di situ. Pemerintah tidak boleh absen di dalam memberikan pendampingan, di dalam setiap langkah, apalagi untuk generasi muda,” tambahnya.

Motivasi membaca untuk Indonesia, lanjut Abdul Hayat, memang agak lemah. Hanya orang tertentu saja yang memegang buku.

“Kita harus bekali bank data yang ada di otak kita. Jika terlalu banyak informasi yang masuk tanpa diperbaharui, maka informasi itu akan hilang. Ini harus diperbaharui, karena setiap hari lingkungan berubah, instrument pentingnya adalah membaca dan perpustakaan sebagai partnernya,” jelasnya.

Ia berharap agar para pemenang lomba yang akan berangkat ke Jakarta untuk mewakili Sulsel di tingkat nasional, dapat membawa nama baik daerah.

“Selamat berangkat ke sana, saya kira adaptasi juga penting. Mudah-mudahan reward seperti ini, karena masuk Istana Negara itu hadiah, tidak semua orang bisa ke sana. Ketika kita keluar dari Istana Negara, pertahankan apa yang kita miliki. Kalau perlu ditingkatkan lagi untuk kembali lagi ke sana,” pesannya. (Hms Pemprov Sulsel)

Editor : Andi Aswin Maramat.

Gratis Berlangganan Berita Via WhatsApp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :