oleh

Bulan Ramadhan Kantor Dindukcapil Sepi, E KTP Tak Bisa di Gandakan

Infoterkini.Com -Soppeng (Sul-Sul) Selama Bulan Ramadhan masyarakat nampak sepi mengurus KTP dan administrasi Kependudukan lainnya di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng, Hal itu disampaikan oleh Andi Faizal, S. Sos, Kabid Pengolahan informasi administrasi kependudukan dan pemanfaatan data di ruang kerjanya kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil jalan Salotungo Watansoppeng, Jumat (31/5/2019 ).

Menurutnya, bentuk pelayanan kepada masyarakat yang terbit ditempat ini yakni KTP, KK, akta kelahiran, akta kematian, akta pengakuan anak, kartu identitas anak, pindah datang dan keluar, tutur A.Faizal.

Kata Dia, Selama persyaratan lengkap pekerjaan produk pelayanan administrasi kependudukan tersebut selesai sekitar 10 menit dan jaringan internet juga sangat memperngaruhi terbitnya KTP ini, terang A.Faizal.

Gambar : A.Faizal Kabid Pengolahan informasi administrasi kependudukan dan pemanfaatan data

Sekarang masyarakat yang berusia 17 tahun di manjakan dengan kemudahan program “Hore Engkani KTP ku”, dimana KTP warga masyarakat yang baru saja cukup umur 17 tahun yang sudah wajib memiliki KTP , itu dibuatkan dan di antar langsung kerumah yang bersangkutan dan di sertai dengan surat ucapan selamat ulang tahun oleh Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE.

Hal lain terkait data penduduk Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Administrasi Kependudukan Firdaus, SE mengatakan, Tidak ada lagi pemalsuan administrasi (data ganda) karena langsung terpantau di jaringan Sistem Administrasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan).

Sidik sepuluh jari dan sidik iris mata bisa menentukan data akurat masyarakat, jelas Firdaus.

Gambar : Firdaus, SE (Baju Batik) Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Adm.Kependudukan

Menurut Firdaus, E-KTP memiliki beberapa manfaat antara lain :
Identitas jati diri tunggal, tidak dapat di palsukan, tidak dapat digandakan dan dapat dipakai sebagai kartu pemilih dalam pemilu atau pilkada, terangnya.(Hamka).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :