oleh

Guangxi Sports Center, Kompleks Olahraga Terbesar di Nanning

Infoterkini.news.com,Nanning – Piala Sudirman 2019 digelar di Guangxi Sports Center Gymnasium. Gimnasium tersebut hanyalah salah satu bagian dari kompleks olahraga terbesar di Nanning.

Guangxi Sports Center merupakan sebuah kompleks olahraga multiguna yang terletak di Nanning, ibu kota Provinsi Guangxi, China. Kompleks ini dibangun oleh pemerintah dan mulai dibuka untuk umum pada 2010.

Dengan luas area mencapai 123 ribu meter persegi, ini jadi kompleks olahraga terbesar di Provinsi Guangxi. Kompleks olahraga itu terdiri dari beberapa arena.

Salah satunya adalah Guangxi Sports Center Stadium. Stadion sepakbola ini punya kapasitas 60.000 penonton.

Stadion ini mempunyai desain yang unik. Atapnya berbentuk seperti sehelai daun. Desain tersebut merepresentasikan Nanning sebagai green city.

Di sebelah barat daya stadion terdapat gimnasium yang saat ini menjadi arena Piala Sudirman 2019. Gimnasium ini terdiri dari empat lantai dengan kapasitas 9.247 penonton.

Gimnasium tersebut dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga surya. Energi yang dihasilkan digunakan untuk mendukung penerangan di dalam gimnasium dan menyediakan 30% dari total penggunaan daya listrik.

Desain helai daun atap Guangxi Sports Center Stadium. Desain helai daun atap Guangxi Sports Center Stadium. (Novitasari Dewi Salusi/detikSport)

Satu bangunan besar lain di kompleks olahraga ini adalah stadion akuatik. Selain itu, Guangxi Sports Center juga dilengkapi dengan lapangan tenis, lapangan basket, dan sebuah gedung berisi aula untuk olahraga lain seperti bulutangkis, voli, tenis meja, dan biliar.

“Orang-orang bisa datang ke sini, jadi di sini adalah tempat yang bagus untuk masyarakat berolahraga,” ujar Li Jianjun, salah seorang panitia lokal Piala Sudirman 2019, yang ditemui di Guangxi Sports Center Gymnasium.

Stadion di Guangxi Sports Center pernah dipakai untuk menyelenggarakan China Cup 2017, turnamen sepakbola internasional yang kala itu diikuti Chile, Kroasia, Islandia, dan China sebagai tuan rumah. Sementara pada 2014, gimnasium jadi arena Kejuaraan Dunia Senam Artistik.

Sudah punya kompleks olahraga yang lengkap dan modern, Nanning berharap suatu saat bisa jadi tuan rumah untuk event olahraga yang lebih besar.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :