oleh

Kodim 1424/Sinjai Panen Raya, Dukung Program Ketahanan Pangan

SINJAI – Komandan Kodim (Dandim) 1424/Sinjai Letkol Inf Ely Asyer Sitompul, S. Hub. Int memimpin pelaksanaan panen raya padi di lahan demplot ketahanan pangan Kodim 1424Sinjai di desa Tongke-Tongke kec. Sinjai Timur kab. Sinjai (Jumat, 14/8/2020).Bersama unsur Forkopimda Kabupaten Sinjai melaksanakan panen raya padi, Panen ini dilakukan di lahan demplot ketahanan pangan Kodim 1424/Sinjai seluas 1 hektare.

Dandim 1424/Sinjai Letkol Inf Ely Asyer Sitompul, S. Hub. Int mengatakan, dimasa pandemi semua jajaran harus bisa mandiri dengan kebutuhan ketahanan pangan. “Maka dengan adanya panen padi dan tanaman lainnya, bisa membantu ketahanan pangan di daerah, khususnya di Kabupaten Sinjai,” ujar Dandim.

Letkol Inf Ely Asyer Sitompul, S. Hub. Int menambahkan, lokasi ini awalnya tanah bekas dozeran yang tidak produktif. Namun dengan kemauan dan usaha, semua dapat mengelola lahan yang seperti ini untuk di jadikan lahan pertanian. Tentunya teknik pengolahan tanah yang harus diperhatikan, baik teori maupun praktiknya.

Ia menuturkan, pada pelaksanaan bercocok taman menggunakan pupuk organic, sebagai media penggemburan tanah dan menambah unsur hara, tanah itu sendiri. “ Seperti yang kita lakukan di kelompok tani binaan ini. Dengan mengikuti prosedur penanaman yang baik, jangka waktu lebih kurang 90 hari kita sudah dapat menuai hasil dari penanaman padi yang kita tanam,” terangnya.

Ditempat yang berbeda , Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong, mengapresiasi kegiatan ketahanan pangan ini. Dinas Pertanian akan terus meningkatkan pertanian di seluruh wilayah kab. Sinjai. “Dengan bekerja sama baik dari pihak TNI maupun Polri, untuk bersama-sama membantu masyarakat meningkatkan ketahanan pangan,” katanya.

Ia menambahkan, di Kabupaten Sinjai masih banyak lahan yang belum dimanfaatkan secara maksimal dan menjadi lahan tidur. “ Untuk itu, kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan pertanian di wilayah kabupaten Sinjai,” ungkapnya. (Arb)

Editor: A2W.

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :